shadow

Dengan Gerakan BAKU Kita Sinergikan Orang Tua Membaca


ACEH BESAR--Kadisdikbud Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg menghadiri kegiatan gerakan nasional orangtua baca buku (Gernas Baku) tahun 2019 yang diselenggarkan oleh PAUD Alam Islam Bukit Pedas Desa Cot Paya Kemukiman Cot Keueng, Aceh Besar, Sabtu (27/7/2019).

Selain itu turut juga dihadiri  Bunda PAUD Aceh Dyah Erti Idawati, Bunda PAUD Aceh Besar, Rahmah Abdullah SH, Kadis Arsip dan Perpustakaan Aceh Besar,  Anita SKM, Camat Kuta Baro, dan unsur Muspika Kecamatan Kuta Baro lainnya.

Gerakan orang tua membaca buku yang dicanangkan oleh kementerian Pendidikan dan Kebudayaan dilaksanakan secara serentak pada tanggal 27 Juli 2019 diseluruh indonesia dengan tema "Tingkatkan minat baca pada anak usia dini dirumah, sekolah dan lingkungan menuju generasi cerdas"

Pada kesempatan tersebut, Rahmah Abdullah, SH, mengatakan, anak merupakan calon pemimpin dan generasi di masa depan, melalui pencanangan Gerakan Nasional Orang Tua Membaca Buku (Gernas Baku) mampu mendidik dan menjadikan anak yang cerdas.



”Anak-anak kita merupakan calon pemimpin bangsa di masa yang akan datang, maka dari itu dengan acara ini mampu memberikan motivasi terhadap para ibu dalam mengoptimalkan kemampuan berkomunikasi, berbahasa sejak dini serta berfikir kreatif kepada anak," katanya

Selain itu, Rahmah juga menyampaikan, orang tua juga dituntut mendampingi buah hati untuk menguasai berbagai kecakapan literasi.

"Gernas Baku dapat membiasakan orang tua membaca buku bersama anak, karena ini menjadi salah satu cara mempererat hubungan sosial antara anak dan orangtua, serta menumbuhkan minat baca sejak dini,” pungkasnya.

Secara terpisah Kadisdikbud Aceh Besar, Dr Silahuddin MAg saat dimintai keterangan mengatakan,  membaca adalah belajar, dan belajar tidak mengenal usia dan waktu. Gerakan ini mencerminkan bahwa idealnya seorang gemar belajar dan membaca.

''Dengan gerakan BAKU kita sinergikan orang tua membaca, membaca buku sebagai ilmu dan informasi, membacakan buku atau cerita kepada anak disaat santai atau ketika ia beranjak tidur," tandas  Silahuddin.

Related