shadow

Disdikbud Akan Lakukan Sosialisasi Penginputan Anggaran dalam ARKAS


Jantho - Ketua Tim Manajemen Biaya Operasional Sekolah (BOS) Disdikbud Aceh Besar, Fahrurrazi SE yang juga selaku Sekretaris Disdikbud mengatakan akan melakukan Sosialisasi Penginputan Anggaran dalam ARKAS, Kamis (7/1/2021).

Fahrurrazi menjelaskan sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomer 008 Tahun 2020 dalam upaya peningkatan mutu pendidikan dan prioritas utama dalam membangun pendidikan dari semua kalangan dengan tujuan dan sasaran yang telah ditetapkan sehingga pengalokasian dana bos dapat tersalurkan dengan baik.

"Petunjuk Teknis (juknis dana bos) ini sebagai salah satu pedoman bagi pemerintah daerah, kabupaten dan Provinsi dalam penggunaan atau perealisasian penyelenggaraan pendidikan, "katanya.

Pertanggung jawaban keuangan BOS pada jenjang pendidikan SD dan SMP di Kabupaten Aceh Besar, laporan pertanggung jawaban dana bos sendiri sudah dapat dilakukan secara online di website resmi yang beralamatkan bos.kemdikbud.go.id sebagai salah satu pelaporan yang mungkin memang berkaitan dengan pengelolaan dana untuk laporan sebagai bahan pemeriksaan BPK RI, "terangnya.

Perhitungan dana BOS sebagai berikut ini:

1. Pendidikan Tingkat SD/per siswa diberikan bantuan pendidikan sebesar Rp.900.000,-

2. Pendidikan Tingkat SMP/per siswa diberikan bantuan pendidikan sebesar Rp.1.100.000,-.

Rincian pembayarannya dalam 3 tahap sebagai berikut :

1. Tahap I untuk 3 bulan akan dibayarkan sebesar 30% dari alokasi dana selama 1 tahun.

2. Tahap II  untuk  5 bulan akan dibayarkan sebesar 40% dari alokasi dana selama 1 tahun.

3. Tahap  III  untuk 4 bulan akan dibayarkan sebesar 40% dari alokasi dana selama 1 tahun.

Sistemnya sama seperti  Tahun 2020 dengan menggunakan aplikasi Arkas.

"Mengingat berbagai regulasi dan peraturan yang harus diketahui dan dipahami, maka Disdikbud akan melaksanakan sosialisasi untuk memudahkan para kepala sekolah dalam menjalankan tugasnya memanej sekolah terutama dalam pengelolaan dana BOS, " imbuh Fahrurrazi.

"Sementara untuk jadwal sosialisasi akan disampaikan nanti, "tutupnya. [rd]

Share

Related

Komentar