shadow

Kadisdikbud Aceh Besar : Lima Wasilah Untuk Sukses


ACEH BESAR—Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar, Dr Silahuddin, M.Ag menjadi salah seorang pemateri pada kegiatan pelatihan kecakapan wirausaha pemuda Aceh Besar di sesi terakhir sekaligus menutup dengan resmi acara tersebut pada sore minggu di aula BP PAUD DIKMAS Aceh (30/6/2019).

Silahuddin mengajak peserta pelatihan wirausaha untuk menjauhi sikap negative dalam dunia digital. “Harus bersikap positif serta melihat peluang untuk menjadi sukses,” tegasnya.

Dr. Silahuddin menambahkan, kalau ingin sukses harus mengubah mindset dari sifat mengeluh dengan menggunakan kata-kata, “tapi”, “namun”, “andaikata”, “tidak mungkin”. “Harus diubah dengan kata-kata, “akan”, “mampu”, “siap”, sebagai motivasi dalam menggapai apa yang diinginkan,” tandasnya.

Selama dua hari ini kepada peserta disuguhkan materi tentang bagaimana berwirausaha dan kiat-kiat menjadi interprenur sukses di pasar digital, semoga outputnya nanti akan lahir wirausaha-wirausaha yang handal di Aceh Besar.

­‘’Ada lima wasilah menuju sukses :

  1. Niat, Nawaitu pemuda yang sudah ikut pelatihan harus terpatri, mindset niat itu harus benar-benar ingin sukses. ‘’Innamal A’malu Binniyat­­’’ Segala perbuatan diawali dari niat, niat ingin menjadi pengusaha maka akan jadi pengusaha you are what you think.
  2. Perencanaan, Perencanaan erat dengan niat, niat kita jadikan mindset maka untuk mengatur perencanaan akan mudah. Niat menjadi mindset dan modal awal akan timbul ikhlas dalam proses perencanaan.
  3. Pelaksanaan, tidak cukup dengan niat dan perencanaan tapi harus ada action, layaknya mimpi di malam hari maka saat matahari terbit pagi hari wujudkan mimpi itu jangan kembali tidur untuk melnajutkan mimpi
  4. Konsistensi, kaitannya dengan pelaksanaan sangat tipis tapi sangat menentukan hasil, kita sudah merancang dan kita laksanakan rancangan itu namun diselah-selah itu mesti adanya konsistensi. Terus menerus menajalankan pelaksaanaan yang sudah dirancang itu namanya konsisten atau istiqamah.
  5. Doa, ‘’Addua’u silahul Muslimin’’ Doa senjatanya ummat islam, niat sudah terpatri perencanaan sudah matang, konsistensi dengan pelaksanaa sudah teratur makan doa selanjutnya yang kita panjatkan. Serahan semuanya kepada allah setelah itu dengan doa.

Share

Related

Komentar