shadow

SMPN 1 Indrapuri Salah Satu Sekolah Sasaran Pendampingan Literasi


Indrapuri – Kunjungan Monitoring dan Pendampingan Tim Literasi Dinas Pendidikan Aceh Besar kali ini merupakan salah satu sekolah SPT yang berada di area pasar Indrapuri, yaitu SMP Negeri 1 Indrapuri.Rabu (24/3/2021).

Tim Literasi yang betugas ke sekolah tersebut adalah Ka. Sub Bag Umum Zulfikar,ST dan salah seorang guru yang bertugas di SDN 2 Saree yaitu Ira Nasfia, S.Pd.

Kami disambut baik oleh guru piket yang bertugas dan langsung ditemani menuju ruang kepala sekolah.

Ketika kami berada di ruang kantor tersebut, kami merasa kehadiran Tim Literasi hari ini sepertinya kurang tepat, hal ini dikarenakan di sekolah tersebut sedang dilaksanakannya pertemuan para Kepala Sekolah se SMP wilayah 1 Aceh Besar.

Namun di luar prediksi, ternyata Ibu Kepala Sekolah tetap menerima dan bersedia meluangkan waktu berharga beliau untuk berbagi pengalaman tentang prrogram literasi yang dilaksanakan di sekolah tersebut.

Sampai-sampai beliau terlambat menhadiri acara rapat yang berlangsung di sekolah tersebut.

Meskipun sharing yang kami lakukan sangat singkat, namun sarat makna dan cerita yang tentunya sangat bermanfaat bagi kami.

Sesekali, kami beradu pandang saat melakukan wawancara. Terbaca jelas dari raut wajahnya, beliau tampak antusias dan semangat dalam memaparkan program literasi yang sedang dan yang akan dilaksanakan di sekolah beliau.

Hal ini dapat dibuktikan pula dari SK Tim Literasi yang telah terbentuk, adanya pustakawan yang kompeten, memuat anggaran program kegiatan literasi dan anggaran dana Bos.

Beberapa program juga telah disusun dan segera akan direalisasikan dalam tahun berjalan, seperti : penambahan buku bacaan maupun buku penunjang yang dibutuhkan siswa di perpustakan, melaksanakan publikasi tentang kegiatan sekolah melalui media (upload), dan akan melaksanakan bimbingan dan sosialisasi untuk menerbitkan karya ilmiah siswa dan GTK baik fiksi maupun non fiksi.

Tim Literasi yang memonitoring di SMP Negeri 1 Indrapuri optimis sekali akan keberhasilan pengembangan literasi di sekolah tersebut.

Hal ini terlihat dari antusiasnya kepala sekolah dan tim literasi dalam mempersiapkan program kegiatan literasi baik secara administrasi maupun teknis.

Semoga program literasi yang telah disusun pihak sekolah SMP Negeri 1 Indrapuri dapat terealisasi dengan baik demi terwujudnya impian sekolah untuk menerbitkan buku karya siswa dan guru

Share

Related

Komentar