shadow

Kepala Disdikbud Tutup Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru


Krueng Barona Jaya - Penutupan Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Asesmen Nasional (AN) di Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar oleh Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Aceh Besar.

Kadisdikbud Aceh Besar, Dr. Silahuddin, S.Ag, M.Ag menutup acara Kegiatan Pelatihan Peningkatan Kompetensi Guru dalam Menghadapi Asesmen Nasional (AN) di Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar pada Rabu, 08 September 2021 di SDN Lamreung.

Pelatihan ini sudah berlangsung selama 3 hari berturut-turut, mulai tanggal 6 s.d 8 September 2021 di Aula Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar.

Ketua Panitia sekaligus Ketua Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar, Fetti Elliani, S.Pd.I, M.Pd melaporkan bahwa peserta merupakan guru kelas 1 s.d 6 dari 4 sekolah yang tergabung dalam Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar yang berjumlah 32 orang.

"Kami berharap dengan adanya pelatihan ini, dapat menambah wawasan guru khususnya mengenai Asesmen Nasional (AN) dan pembelajaran HOTS yang nantinya dapat diterapkan ke siswa, sehingga prestasi siswa dapat meningkat" ungkapnya.

Kadisdikbud Aceh Besar dalam sambutannya mengemukakan bahwa pendidikan akan berhasil apabila inputnya bagus, proses yang dilaksanakan di kelas berkualitas, tentu akan menghasilkan output yang bagus pula, begitupun sebaliknya.

"Respon yang diberikan siswa tergantung sekali kepada stimulus yang diberikan guru, apabila guru mengajar dengan penuh semangat dan metode-metode yang digunakan dapat memotivasi siswa, maka dengan sendirinya mereka juga akan semangat dalam belajar" Papar Pak Kadis.

Dalam hal ini, beliau mengajak guru-guru agar dapat melakukan proses pembelajaran di dalam kelas yang berkualitas dan bermakna, sehingga nantinya dapat menyelesaikan soal-soal yang disajikan saat Asesmen Nasional dapat mudah dipahami siswa.

Beliau juga mengatakan bahwa guru harus lebih pintar dari siswa, mengingat sekarang ini adalah era dimana siswa dapat mengakses lebih banyak informasi dari guru.

Maka dari itu, guru harus memiliki banyak strategi dalam menjalankan pembelajaran di kelas sehingga ilmu yang ada pada siswa dapat dieksplorasi untuk kegiatan pembelajaran.

Adapun yang menjadi narasumber dalam kegiatan ini adalah Ibu Ernawati dari LPMP Aceh.

Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar memang sudah memogramkan kegiatan pelatihan di KKG setiap tahun yang didanai oleh sekolah-sekolah yang tergabung dalam Gugus tersebut. Namun, untuk materi yang akan diberikan disesuaikan dengan kebutuhan guru/peserta.

Seperti yang diungkapkan oleh Sri Afriani, S.Pd, salah seorang Kepala Sekolah di Gugus 35 Kabupaten Aceh Besar, mengungkapkan: "Kami di Gugus memang sudah ada program pelatihan setiap tahun. Namun, untuk materi pelatihan, kami akan menampung aspirasi dari guru-guru tergantung kepada apa yang mereka butuhkan.

Mengingat AN akan dilakukan tahun ini, maka materi yang kita pilih juga terkait dengan hal tersebut." Ungkapnya.

Beliau juga menambahkan: "Guru sangat menyambut positif dan bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini, karena merasa pengetahuan yang diberikan benar-benar sedang mereka butuhkan saat ini, walaupun sudah ada teori-teori terkait hal ini, namun perlu kajian bersama sehingga guru-guru lebih memahami sehingga nantinya dapat diterapkan ke siswa." Tutupnya.

Semua peserta yang hadir mengikuti dengan antusias kegiatan ini, dan mereka berharap kegiatan serupa dapat terus dilaksanakan sesuai dengan tuntutan perkembangan yang ada. 

Share

Related

Komentar