shadow

Disdikbud-MKKS-K3S Laksanakan Bimtek Komunitas Belajar


Ingin Jaya- Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Aceh Besar bersama MKKS Aceh Besar melaksanakan Bimbingan Teknis Pendaftaran Komunitas Belajar, Jumat (22/7/2022) di Dekranas Gani.

Bimtek dibuka oleh Kepala Bidang Pembinaan pendidikan Dasar Bapak Safrizal, S.Sos.

Kabid Dikdas dalam arahannya menyampaikan bahwa pentingnya komunitas adalah untuk berbagi praktek baik dalam pembelajaran, bahwa setiap siswa berhak mendapat pelajaran sesuai bakat potensinya disini sangat diperlukan peran guru yang kreatif agar kebutuhan siswa dapat terpenuhi, bila guru belum bisa berkreasi maka dapat melihat kreatifitas guru-guru dari daerah atau komunitas lain dan dapat dipraktekkan di satuan pendidikan nantinya disesuaikan dengan kebutuhan siswanya.

Evaluasi dari pelaksanaan AN tahun 2021 Aceh Besar mendapat nilai di bawah rata-rata nasional bidang literasi dan numerasi jadi kedepan Aceh Besar yakni Dinas Pendidikan dan Kebudayaan akan fokus pada peningkatan sumber daya manusia untuk tingkatkan mutu pendidikan.

Harapan terakhir beliau menyampaikan penekanan bahwa bagi sekolah yang menerapkan IKM tahun pelajaran 2022/2023 dapat menuntaskan pendaftaran komunitas belajar sampai tuntas dan semua MGMP di Aceh Besar terdaftar di komunitas belajar Kemdikbud.

Koordinator lapangan Bimtek komunitas belajar pengembang Kurikulum Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Juwita, S.Pd menyampaikan kegiatan ini diikuti 10 perwakilan MGMP diprioritaskan ketua dan pengurus MGMP Kabupaten Aceh Besar berjumlah 50 peserta. Jenjang SD kegiatan Bimbingan Teknis pendaftaran Komunitas Belajar juga di laksanakan di beberapa titik sesuai jadwal yang sudah ditentukan oleh ketua wilayah masing-masing.

Pendaftaran ini nantinya akan terus dipantau terus oleh Dinas bersama MKKS hingga tuntas dan diharapakn semua MGMP dan KKG Aceh Besar dinyatakan lulus semua.

"Narasumber pada bimtek ini kita berdayakan dari guru penggerak Aceh Besar yaitu Erda Marisa, Rahmawati, Mona Sari, Munzir Ibrahim, Siti Rahmah Diana dan Yusriati, "tutup Juwita.[]

Related